• 26/05/2019

2 Tips Simpel Mempercepat Loading Blog atau Web

Mempercepat loading blog atau web tentu saja sangat diperlukan agar pengunjung blog tidak merasa berat ketika mengaksesnya dan hal tersebut juga mempengaruhi apakah pengunjung tersebut mau berlama-lama atau tidak di blog / web yang telah dikunjungi.

Tidak hanya karna isi kontennya yang bermanfaat, kecepatan loading pada blog ternyata bisa membuat pengunjung akan kembali lagi ketika ingin mencari sesuatu lainnya, karna sebelumnya merasa nyaman dengan blog tersebut. jadi, meskipun sebuah blog memiliki konten yang bagus terkadang membuat pengunjung malas untuk menjelajahi kembali konten blog tersebut dengan alasan berat, apalagi beratnya sebuah halaman terkadang dapat membuat error, misalnya ketika pengunjug menggunakan koneksi yang lemah / lemot.

Nah beberapa tips simpel ini perlu anda coba untuk mempercepat loading blog atau web, yaitu :

1. Ukuran Gambar Jangan Terlalu Besar

Yaps, ukuran gambar yang besar dapat membuat sebuah halaman blog terasa berat, jadi salah satu cara untuk membuat blog lebih cepat yaitu dengan menggunakan gambar yg memiliki ukuran kecil. Nah, jangan lupa yah untuk mengedit terlebih dahulu gambar-gambarnya sebelum posting di blog.

2. Gunakan Template Yang Ringan

Pada dasarnya template itu memang tidak terlalu membuat berat seperti masalah ukuran gambar yang besar, akan tetapi hal tersebut bisa saja terjadi jika template memiliki layout yang kurang tepat, apalagi jika pembuat templatenya belum mengerti tentang bagaimana cara mempercepat loading blog.

Template yang ringan/sesuai itu misalnya menggunakan ukuran gambar yang kecil ketika menampilkan gambar sebagai thumbnail yang sering dimunculkan pada sidebar, misalnya Popular Post, dan misalnya pada related post / artikel terkait yang diletakkan pada bagian bawah postingan.

Dan yang terakhir adalah, agar template dapat membuat sebuah blog cepat, pastikan tidak ada kode yang tidak terpakai. ini sering sekali ditemukan jika asal comot template, misalnya pada template dari download gratisan (tidak semua).

Dan bagi anda yang mengerti tentang kode, pastikan kode CSS, HTML, dan javascript tidak terlalu memiliki white space atau anda dapat menggunakan tool minify HTML / javascript, dan CSS untuk membantu merapihkan kode-kode agar lebih clean dan membuat blog lebih ringan ketika diakses.

Nah, Simpel kan ? yups cukup praktekan dua dasar itu saja, blog / web kalian bisa lebih cepet lho. Selamat mencoba ;)

2 comments

  1. marco

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply